Tugas
Komputer Aplikasi III
Tutorial
MYOB & ZAHIR
![]() |
Oleh :
WENFY EKARIANTO
1198130060
JURUSAN
AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
2014
TUTORIAL
PENGENALAN MYOB & ZAHIR
MYOB
Accounting
MYOB
adalah software aplikasi komputer yang digunakan untuk menangani
pekerjaan-pekerjaan dalam bidang akuntansi. MYOB accounting untuk diaplikasikan
pada perusahaan kecil dan menengah yang hanya single user dan single currency yakni
pekerjaan yang masih bias ditangani oleh seorang akuntan (operator) dan
transaksi dalam satu mata uang.
Pengenalan menu
Menu utama MYOBv17
adalah : Account, Banking, Sales, Purchase, Inventory dan Card File

1.
ACCOUNT (REKENING)
Menu
ini digunakan untuk membuat, mengedit dan menghapus daftar akun, Untuk mencatat
jurnal penyesuaian dan juga untuk melihat jurnal yang sudah dibuat.
Menu
ini terdiri dari :
a.
Account List
Sub menu ini digunakan untuk membuat,
mengedit dan menghapus daftar akun
b.
Record Journal Entry
Sub menu ini digunakan untuk mencatat
jurnal penyesuaian dan jurnal umum lainnya yang tidak bisa dicatat dalam jurnal
khusus lainnya
c.
Trasaction Journal
Sub menu ini digunakan untuk melihat
jurnal yang sudah di buat
d.
Transfer money
Sub menu ini digunakan untuk memindahkan
atau mentransfer saldo petty cash (kas
kecil) ke Cash In bank atau sebaliknya dari Cash in Bank ke Petty Cash
2.
BANKING (BANK)
Menu
ini digunakan untuk memasukan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas selain
dari transaksi pembelian maupun penjualan barang dagangan dan juga selain
penerimaan piutang dagang ataupun pembayaran utang dagang
Menu
ini terdiri dari
a. Spend
money (pengeluaran kas)
Sub menu ini digunakan untuk mencatat
transaksi pengeluaran kas selain pengeluaran pembayaran utang dagang dan
pembelian tunai barang dagangan. Contoh transaksi-transaksi yang dicatat dalam
sub menu spend money adalah
·
Pembayaran biaya-biaya operasional
seperti biaya gaji, biaya listrik, biaya sewa, biaya asuransi dll
·
Pembayaran angsuran hutang jangka
panjang seperti hutang bank, hutang obligasi, hutang hipotik, hutang wesel
·
Pembelian aktiva tetap secara tunai
·
Pembelian perlengkapan secara tuani dll
b. Receive
Money
Sub menu ini digunakan untuk mencatat
transaski penerimaan kas selain dari transaski penjualan tunai barang dagangan
maupun penerimaan piutang dagang. Contoh transaski –transaksi yang dicatat dalam sub menu receive money adalah
·
Penerimaan pendapatan lain-lain seperti
pendapatan bunga, pendapatan devident, pendapatan sewa
·
Penerimaan pinjaman bank, obligasi,
hipotik
·
Penjualan Aktiva tetap
·
Penjualan investasi dalam saham (Stock
Investment)
·
Penerimaan Piutang yang sudah dihapuskan
c. Reconcile
Account
Sub menu ini digunakan untuk membuat
rekonsiliasi bank.
3.
Sales (Penjualan)
Menu
ini digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang atau jasa baik tunai
maupun kredit, untuk mencatat penerimaan piutang dagang, untuk mencatat retur
penjualan dan juga untuk melihat tampilan jurnal yang sudah dibuat.
Sub
menu sales yang sering digunakan untuk mencatat transaski yaitu :
a. Enter
Sales
Sub menu ini digunakan untuk membuka
atau menampilkan faktur(invoice) yang digunakan untuk mencatat penjualan maupun
retur penjualan baik tunai maupun kredit
b. Receive
Payment
Sub menu ini digunakan untuk mencatat
penerimaan pelunasan piutang dagang
c. Transaction
Journal
Sub menu ini digunakan untuk melihat
tampilan jurnal penjualan yang sudah pernah dibuat untuk rentang waktu tertentu
d. Sales
Register
Sub menu ini digunakan untuk menampilkan
laporan penjualan untuk suatu periode tertentu, bisa berupa penjualan maupun
retur penjualan
4.
PURCHASE (Pembelian)
Menu
ini digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang baik tunai maupun
kredit, untuk mencatat pembayaran utang dagang, untuk mencatat retur pembelian
dan juga untuk melihat tampilan jurnal pembelian yang sudah dibuat.
Sub
menu purchase yang sering digunakan untuk mencatat transaski yaitu :
a. Enter
Purchase
Sub menu ini digunakan untuk membuka
atau menampilkan faktur(invoice) yang digunakan untuk mencatat pembelian maupun
retur pembelian baik tunai maupun kredit
b. Pay
bill
Sub menu ini digunakan untuk mencatat
pembayaran utang dagang
c. Transaction
Journal
Sub menu ini digunakan untuk melihat
tampilan jurnal pembelian yang sudah
pernah dibuat untuk rentang waktu tertentu
d. Purchase
Register
Sub menu ini digunakan untuk menampilkan
laporan pembelian untuk suatu periode tertentu, bisa berupa pembelian maupun
retur pembelian
5.
INVENTORY (Persediaan)
Menu
ini digunakan untuk mencatat persediaan atau stok barang, untuk memasukan persediaan
awal barang dagangan, Mengubah atau menghapus item persediaan barang dagangan,
dan juga untuk menetapkan harga jual barang dagangan.
Sub
menu inventory yang sering digunakan untuk mencatat transaksi adalah :
a. Items
List
Sub menu ini digunakan untuk memasukan
jenis barang atau jasa yang dijual, dan juga bisa digunakan untuk mengedit
barang yang ada.
b. Count
Inventory
Sub menu ini digunakan untuk memasukan
saldo awal barang dagangan dan juga bisa digunakan untuk menyesuaiakan
kuantitas persediaan antara hasil perhitungan computer dibandingkan dengn hasil
perhitungan fisik di gudang.
c. Transaction
Journal
Sub menu ini digunakan untuk melihat
tampilan jurnal tentang persediaan yang
sudah pernah dibuat untuk rentang waktu tertentu
6.
CARD FILE
Menu
ini digunakan untuk membuat data buku besar pembantu utang (Supplier List)
maupun piutang (Customer List)
MENENTUKAN LINKED
ACCOUNT
Membuat Set Up Link Account
Berguna untuk mengatur agar akun saling
berhubungan. Ada 3 Set Up Link Account yaitu
a. Account
and Banking Account
b. Sales
Account
c. Purchase
Account
ACCOUNT
and BANKING ACCOUNT
Caranya
:
Klik
Set Up-Linked Account-Account and banking Account
Kemudian
isikan datanya pada tamplian berikut :

Ø Current
Earning = Laba Periode berjalan
Untuk
menampung selisih laba atau rugi
Ø Rentained
Earning = Laba ditahan
Untuk
menampung laba atau rugi pada tahun-tahun sebelumnnya yang tidak dibagi ke
periode
Ø Historical
Balancing = Saldo awal
Untuk
menampung selisih saldo debit dan kredit pada saat pengisian saldo awal
Ø Undeposited
Fund = Kas belum disetor
Untuk
menampung penerimaan dari customer yang berbentuk giro belum jatuh tempo
SALES
LINKED ACCOUNT
Caranya
:
Klik
Set Up-Linked Account-Sales Account
Kemudian
isikan datanya seperti tampilan berikut

Ø Assets Account for Tracking Receivables diisi ACCOUNT RECEIVABLE
Ø Bank Account For Customer Receipt Diisi
CASH IN BANK
Ø Klik I Charge freight on sales
Income Account for
Freight Diisi FREIGHT COLLECTED (jika di soal ada akun
Freight Collected)
Ø Klik I track deposite collected
from customer
Liability Account For
Customer Deposit Diisi DIFFERED SALES (jika di soal ada
uang muka penjualan)
Ø Klik I Give Discount for early
payment
Expense or Cost of
Sales Account for Discount Diii SALES DISCOUNT (Jika di soal ada akun SALES DISCOUNT)
Ø Klik I assess charge for late
payment
Income Account for late
Charges diisi LATE FEES COLLECTED (jika di soal ada akun
LATE FEES COLLECTED)
PURCHASE LINKED ACCOUNT
Caranya
:
Klik
Set Up-Linked Account-Purchase
Account
Kemudian
isikan datanya seperti pada tampilan berikut:

Ø Liability Account for Tracking
Payable diisi
ACCOUNT PAYABLE
Ø Bank Account For Paying Bills Diisi
CASH IN BANK
Ø Klik I pay freight on purchase
Expense or cost of
sales account for freight Diisi FREIGHT PAID
Ø Klik I track deposite paid to
supplier
Assets Account For
Supplier Deposit Diisi PREPAID PURCHASE (jika di soal ada
uang muka pembelian)
Ø Klik I Take Discount for early
payment
Expense or Cost of
Sales Account for Discount Diii PURCHASE DISCOUNT (Jika di soal ada akun PURCHASE DISCOUNT)
Ø Klik I pay charge for late payment
Expense Account for
late Charges diisi LATE FEES PAID (jika di soal ada
akun LATE FEES PAID)
MEMBUAT BUKU BESAR
PEMBANTU PIUTANG (CUSTOMER LIST)
Cara membuat buku besar pembantu piutang
atau daftar kartu pelanggan (Customer) yaitu:
1. Pilih
menu Card File (Ctrl + 6)
2. Pilih
dan klik icon Card List
3. Pilih
Customer, klik New
4. Kemudian
isi data customer meliputi NAME, CARD ID DAN ADDRESS seperti tampilan berikut
ini

5. Setelah
diisikan datanya klik New untuk
memasukan data customer berikutnya
6. klik OK
jika sudah selesai
MEMBUAT BUKU BESAR
PEMBANTU UTANG (SUPPLIER LIST)
Cara membuat buku besar pembantu utang
atau daftar kartu pemasok (Supplier) yaitu:
1. Pilih
menu Card File (Ctrl + 6)
2. Pilih
dan klik icon Card List
3. Pilih
Supplier, klik New
4. Kemudian
isi data supplier meliputi NAME, CARD ID DAN ADDRESS seperti tampilan berikut
ini

5. Setelah
diisikan datanya klik New untuk
memasukan data customer berikutnya
6. klik OK
jika sudah selesai
MEMBUAT SET UP KODE PAJAK
(TARIF PPN)
Jika transaksi perusahaan terdapat PPN
untuk pembelian maupun penjualan maka harus menentukan tariff pajak terlebih
dahulu sebelum transaksi dicatat yaitu dengan cara :
1. Pilih
menu utama Lists kemudian pilih dan klik sub menu Tax Codes
2. Klik
baris kode pajak VAT kemudian klik edit
3. Kemudian
isikan data seperti tampilan sebagai
berikut

ZAHIR
ACCOUNTING
Zahir Accounting adalah software akuntansi keuangan terbaik,
penuh inovasi yang sangat berbeda dengan software akutansi lain. Zahir
Accounting Software disebut “business management software.”
Berikut ini adalah modul-modul yang terdapat pada program Zahir Accounting.
Modul Data
Modul
data digunakan untuk membuat data master di suatu data kerja di Zahir
Accounting. Untuk menampilkannya klik Data-Data.


Beberapa
fasilitas yang ada di modul Data-data:
Ø Data
Nama Alamat
Ø Data
Rekening
Ø Data
Produk
Ø Satuan
Pengukuran
Ø Data
Proyek
Ø Data
Harta Tetap
Ø Data
Pajak
Ø Data
Mata Uang
Modul Buku Besar
Modul
Buku Besar digunakan untuk nelakukan transaksi jurnal umum, membuat daftar
akun, dan membuka buku besar per akun. Untuk menampilkannya klik Buku Besar.

Beberapa fasilitas
yang ada di modul Buku Besar:
Ø Data
Rekening Perkiraan
Ø Transaksi
Jurnal Umum
Ø Buku
Besar
Ø Daftar
Transaksi Jurnal
Modul Penjualan
Penjualan
adalah transaksi dimana ada pengeluaran barang atau jasa untuk pelanggan.
Transaksi ini digunakan oleh perusahaan sebagai pendapatannya, transaksi ini
dapat dilakukan dengan tunai ataupun piutang. Piutang Usaha adalah transaksi
untuk pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan atas penjualan yang telah
terjadi sebelumnya. Untuk menampilkannya klik Penjualan.

Beberapa
fasilitas yang ada di modul Penjualan:
Ø Input
Penjualan
Ø Daftar
Piutang Usaha
Ø Pembayaran
Piutang Usaha
Ø Pengembalian
Kelebihan (Kredit)
Modul Pembelian
Pembelian
adalah transaksi dimana ada penerimaan barang atau jasa dari supplier/vendor,
transaksi ini banyak digunakan oleh perusahaan. Transaksi pembelian dapat
dilakukan dengan tunai ataupun hutang. Hutang Usaha adalah transaksi untuk
melakukan pembayaran hutang usaha kepada supplier atau vendor tertentu atas
transaksi pembelian sebelumnya. Untuk menampilkannya klik Pembelian.

Beberapa
fasilitas yang ada di modul Pembelian:
Ø Input
Pembelian
Ø Daftar
Hutang Usaha
Ø Pembayaran
Hutang Usaha
Ø Kembalian
(Debet)
Modul Kas dan Bank
Kas
dan Bank digunakan untuk transaksi yang berkaitan dengan rekening kas atau bank,
seperti transfer antar rekening kas/bank, kas/bank masuk, kas/bank keluar.
Untuk kas masuk dan kas keluar adalah transaksi di luar penginputan penerimaan
pembayaran piutang maupun pengeluaran pembayaran hutang. Untuk menampilkannya
klik Kas & Bank.

Beberapa
fasilitas yang ada di modul Kas dan Bank:
Ø Transfer
Kas
Ø Kas
Masuk
Ø Kas
Keluar
Ø Rekonsiliasi
Bank
Modul Persediaan
Persediaan
digunakan untuk mengelola persediaan sebagai aktiva perusahaan. Pada modul ini
dapat dibuat data barang, barang keluar di luar penjualan, pembuatan proses
produksi, stock opname. Untuk menampilkannya klik Persediaan.

Beberapa
fasilitas yang ada di modul Persediaan:
Ø Pemakaian/Penyesuaian
Barang
Ø Pemindahan
Barang
Ø Stock
Opname
Ø Perakitan
Proses
persediaan juga berkaitan dengan penerimaan barang yang ada d modul pembelian
dan
pengiriman
barang yang ada di modul penjualan. Setiap ada penjualan yang akan menyebabkan
barang keluar,
secara otomatis Zahir akan membentuk jurnal penyesuaian persediaan berdasarkan
metode yang
digunakan.
Laporan
Modul
laporan digunakan untuk melihat semua laporan hasil penginputan modul-modul
sebelumnya. Untuk menampilkannya klik Modul Laporan.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MYOB &
ZAHIR
Kelebihan Myob
Ø Mudah dipahami karena disertai
gambar dan ikon yang menunjukkan siklus akuntansi.
Ø Didukung multi user dengan hak dan
fungsi yang berbeda untuk setiap user.
Ø Tersedia fasilitas edit formulir
(faktur, bukti kas) sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan perusahaan.
Ø Terintegrasi dengan Microsoft Office
sehingga mudah digunakan dalam editing dan modifikasi data atau laporan.
Ø Fitur dan fungsi sangat lengkap,
seperti reminder utang-piutang, surat tagihan, payroll bahkan mendukung fungsi
Email sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
Ø Cocok untuk segala jenis usaha baik
skala kecil, multi departemen dan multi proyek.
Ø Mudah dalam perawatan database dan
backup data.
Ø Petunjuk penggunaan banyak beredar
di Indonesia hal ini karena software MYOB ini populer di Indonesia dan
digunakan di banyak perusahaan dan juga diajarkan di Universitas dan juga di
sekolah.
Kekurangan Myob
Ø Data dapat dirubah tanpa diketahui,
sehingga bias memicu adanya tindak korupsi dan sebagainya
Ø Belum menyediakan bahasa Indonesia,
sesuai dengan kebutuhan
Ø Meski telah Multi user, tetapi tidak
bisa digunakan secara bersamaan.
Ø Belum mendukung multi currency (mata
uang).
Ø Belum mendukung multi gudang. Hal
ini cukup mengganggu bila perusahaan yang menggunakan software ini memiliki
lebih dari satu gudang.
Kelebihan Zahir
Ø Mudah digunakan oleh non akuntan
karena sudah disediakan formulir khusus untuk menginput semua transaksi umum
dalam perusahaan seperti transaksi keluar atau masuk kas, pembelian, penjualan,
piutang dan sebagainya.
Ø Desain user interface
(tampilan) menarik dan mudah dipahami karena struktur menu dan icon
berupa gambar yang sederhana dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Faktur dan laporan dapat didesain
sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan serta disertakan berbagai
variabel data dan fungsi matematika yang dapat digunakan langsung.
Ø Laporan dapat dikirim via email dan
diexport ke berbagai format. Mengirim laporan menggunakan email sangan mudah,
cukup membuka laporan yang diinginkan kemudian klik tombol Send Email. Zahir
Accounting juga dapat mengexport data dengan tampilan yang sama persis dengan
tampilan pada Zahir Accounting.
Ø Menggunakan database client server
sehingga menjadi lebih handal untuk menangani data besar, volume transaksi yang
sangat tinggi dan tingkat keamanan data sangat tinggi.
Ø Fasilitas dan kapasitas dapat
dipilih sesuai kebutuhan sehingga kita cukup membeli paket yang paling murah
kemudian memesan fasilitas tambahan sesuai dengan kebutuhan.
Ø Berbagai grafik dan analisa bisnis
interaktif yang tersedia dalam satu layar dan setiap grafik dapat diklik untuk
dianalisis.
Ø Laporan dapat diklik untuk melihat
detail transaksi (audit atau drill down) pada neraca atau laporan
laba-rugi akan menampilkan buku besar per rekening. Jika mengklik nomor
transaksi maka transaksi asli akan terbuka kembali. Jika mengklik kanan
mouse pada laporan keuangan akan menampilkan jurnal double entry.
Ø Seluruh transaksi dapat diedit dan
dihapus.
Ø Memudahkan dalam pengambil keputusan
bisnis karena dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan seperti
analisis rasio, break even point analysis, berbagai grafik serta laporan
interaktif yang menarik dan terintegrasi.
Ø Memiliki berbagai opsi fasilitas
advace seperti:
·
Multi
currency, multi price, multi discount.
·
Serial
number.
·
Lot
number dan expire date.
·
Giro
mundur.
·
Sinkronisasi
data antar cabang melalui internet dial-up. Hal ini belum dimiliki oleh keempat
software di atas. Hal ini mempermudah dalam hal pengendalian perusahaan karena
bersifat real time.
·
Predictive
input
(menginput transaksi berulang kali secara otomatis).
Kelemahan:
Ø Zahir Accounting tidak dapat secara
otomatis menghitung biaya perjam, perburuh dan biaya lain dalam akuntansi
biaya.
Ø Pada Zahir edisi Flexy Money tidak
tersedia fasilitas harga tetap, proyek dan departemen.
Ø Zahir Accounting edisi pendidikan
belum mendukung pengeditan (unposting) transaksi penjualan dan
pembelian.
Ø Tidak memberikan rekomendasi tentang
kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos.
Ø Zahir Pos kurang cepat dan responsif
khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan
mencetak faktur.
PERTIMBANGAN PENGGUNAAN MYOB DAN
ZAHIR
Dalam hal ini saya lebih mengunggulkan zahir di
bandingkan menggunakan myob dengan melihat beberapa aspek berikut :
Transaksi Realtime Full Otomatis
Untuk
menginput transaksi Anda tidak dituntut memiliki keahlian dalam membuat jurnal
akuntansi. Seluruh data terkait otomatis di update, seperti piutang/hutang
usaha, persediaan, sehingga tidak ada
prosedur yang harus dilakukan selain menginput transaksi.
Cukup input transaksi semudah mengisi nota penjualan, seluruh laporan, analisa dan grafik otomatis dihasilkan
Grafik Interaktif & Analisa Keuangan Terpadu
Cukup input transaksi semudah mengisi nota penjualan, seluruh laporan, analisa dan grafik otomatis dihasilkan
Grafik Interaktif & Analisa Keuangan Terpadu
Fasilitas
yang memudahkan Anda mengetahui kondisi perusahaan dalam sekilas. Proyeksi kas,
grafik neraca, penjualan, laba rugi, break even analysis dan berbagai
rasio-rasio yang memberikan pemahaman menyeluruh tentang kondisi perusahaan,
ini akan memudahkan pengambilan keputusan.
Modul Inventory yang Lengkap
Modul
persediaan yang lengkap dengan fasilitas pengelompokkan jenis barang, group
barang, penghitungan harga pokok penjualan otomatis dengan metode FIFO, LIFO
dan Average. Fasilitas Stock Opname, Assembling, Deassembling dan penentuan
harga jual otomatis. Seluruh transaksi yang terkait dengan persediaan akan
otomatis mengupdate jumlah stock barang (perpetual basis), sehingga laba rugi
perbulan langsung tersedia (HPP otomatis telah tersedia).
Kalender Informasi Piutang / Hutang
/ Giro Jatuh Tempo
Dengan
fasilitas ini, Anda tidak perlu lagi mengingat kapan suatu giro akan cair atau
hutang usaha Anda jatuh tempo, fasilitas ini juga akan berfungsi sebagai agenda
kerja.
Harta Tetap
Fasilitas
ini mengelola harta tetap yang dimiliki perusahaan, menghitung penyusutan
dengan berbagai metode penyusutan dan membuat jurnal penyusutan otomatis setiap
akhir bulan.
Multi Gudang / Muti Satuan
Multi Gudang / Muti Satuan
Pencatatan
stock barang dapat dilakukan per gudang/per lokasi dan dapat mencatat transaksi
pindah ke gudang, dst. Sedangkan Multi Satuan digunakan mencatat transaksi
dengan berbagai satuan yang berbeda, misalkan dibeli dengan satuan box, dijual
dalam lusin. Software otomatis melakukan konversi sesuai dengan formula yang
ditetapkan.
Multi Currency
Anda
dapat menentukan mata uang apa yang akan digunakan dalam suatu transaksi
penjualan/ pembelian dan berapa nilai tukar mata uang untuk transaksi tersebut.
Setiap akhir bulan program secara otomatis membuat jurnal penyesuaian atas
perubahan nilai tukar mata uang asing, sehingga dapat diperoleh laba/rugi
akibat selisih nilai tukar.
Auto Purchase Order
Software
dapat secara otomatis membuat purchase order untuk barang-barang yang berada
dibawah minimum level, dengan jumlah pesanan sesuai dengan proyeksi penjualan
yang juga otomatis dihitung berdasarkan histori pemakaian/penjualan barang.
Serial Number
Program
dapat mencatat nomor seri setiap barang yang dibeli atau dijual, sehingga
memudahkan pelacakan apabila terdapat retur barang. Fasilitas ini sangat
berguna, bagi pedagang handphone, komputer dan alat-alat elektronik.
Lot Number
Fasilitas
ini digunakan untuk melacak expire date dari suatu barang, biasanya dipakai
pada bahan makanan dan obat-obatan.
Rekonsiliasi Bank
Lakukan
pencocokan antara laporan rekening yang dikirimkan oleh bank Anda dengan
pencatatan di Zahir Accounting, Anda dapat membuat penyesuaian yang diperlukan
dan membuat laporan rekonsiliasi dengan mudah dan cepat.
Proyek dan Departement Costing
Setiap
transaksi dapat dikaitkan dengan sebuah Proyek atau Departement, sehingga dapat
dilakukan analisa secara detail antara anggaran dan realisasi, laba rugi dan
aktifitas sebuah proyek (multi fase project costing).
Berbagai Laporan Tersedia
Lebih
dari 250 laporan keuangan, penjualan, pembelian, analisa barang, dan berbagai
laporan lainnya telah tersedia, dengan berbagai format yang menarik dan dapat
dicustomize (didesain ulang) sesuai dengan kebutuhan.
Audit Trail
Fasilitas
drill down untuk melihat detail transaksi disaat menampilkan laporan, misalkan
pada laporan Neraca, klik pada rekening piutang, maka otomatis ditampilkan
laporan buku besar piutang, selanjutnya klik nomor transaksi, maka progam akan
membuka transaksi sebenarnya. Fasilitas ini sangat berguna untuk mengaudit
laporan keuangan.
Seluruh Laporan Dapat di-Export
Seluruh
Laporan dapat diexpor kedalam format excel, ms word, PDF, html, dll. bahkan
dapat langsung dikirim via email, fasilitas email ini terintegrasi dengan
software, cukup dengan klik satu tombol.
Sinkronisasi Data Antar Cabang
Sinkronisasi Data Antar Cabang
Kemampuan
software untuk menyamakan data yang tersebar dilokasi berbeda menggunakan
jaringan internet Dial-Up sederhana. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh
perusahaan yang memiliki banyak cabang dilokasi yang tersebar, dimana secara
otomatis program dapat mengimpor seluruh data cabang ke kantor pusat dengan
cepat, sehingga kontrol pusat ke cabang akan jauh lebih baik.
Faktur / Voucher Transaksi dapat Didesain dan Dicetak
Faktur / Voucher Transaksi dapat Didesain dan Dicetak
Transaksi
dapat dicetak dalam bentuk faktur yang menarik. Anda dapat mendesain sendiri
dan menyesuaikan faktur agar sesuai kebutuhan.
Database Client Server
Menggunakan
database client server yang handal, memiliki kemampuan membatalkan transaksi
yang sedang diposting bila terjadi masalah komputer, seperti lampu mati,
jaringan terputus, dll. Menggunakan Firebird, database free open sources yang
paling populer dan berkemampuan tinggi.
Purna Jual Terjamin
Dengan
pengalaman selama lebih dari 6 tahun yang didukung tenaga pelatihan dan support
yang profesional, kami siap membantu semua kesulitan dan masalah yang terjadi.
Untuk memperoleh jaminan yang lebih pasti, tersedia program, pelatihan dan
maintenance kontrak dengan harga terjangkau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar