Selasa, 02 Februari 2016

MYOB VS ZAHIR



Tugas
Komputer Aplikasi III

Tutorial
MYOB & ZAHIR


 






Oleh :
WENFY EKARIANTO
1198130060

JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2014

TUTORIAL PENGENALAN MYOB & ZAHIR

MYOB Accounting
MYOB adalah software aplikasi komputer yang digunakan untuk menangani pekerjaan-pekerjaan dalam bidang akuntansi. MYOB accounting untuk diaplikasikan pada perusahaan kecil dan menengah yang hanya single user dan single currency yakni pekerjaan yang masih bias ditangani oleh seorang akuntan (operator) dan transaksi dalam satu mata uang.
Pengenalan menu
Menu utama MYOBv17 adalah : Account, Banking, Sales, Purchase, Inventory dan Card File

1.    ACCOUNT (REKENING)
Menu ini digunakan untuk membuat, mengedit dan menghapus daftar akun, Untuk mencatat jurnal penyesuaian dan juga untuk melihat jurnal yang sudah dibuat.
Menu ini terdiri dari :
a.         Account List
Sub menu ini digunakan untuk membuat, mengedit dan menghapus daftar akun
b.         Record Journal Entry
Sub menu ini digunakan untuk mencatat jurnal penyesuaian dan jurnal umum lainnya yang tidak bisa dicatat dalam jurnal khusus lainnya
c.         Trasaction Journal
Sub menu ini digunakan untuk melihat jurnal yang sudah di buat
d.        Transfer money
Sub menu ini digunakan untuk memindahkan atau mentransfer  saldo petty cash (kas kecil) ke Cash In bank atau sebaliknya dari Cash in Bank ke Petty Cash
2.      BANKING (BANK)
Menu ini digunakan untuk memasukan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas selain dari transaksi pembelian maupun penjualan barang dagangan dan juga selain penerimaan piutang dagang ataupun pembayaran utang dagang
Menu ini terdiri dari
a.       Spend money (pengeluaran kas)
Sub menu ini digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran kas selain pengeluaran pembayaran utang dagang dan pembelian tunai barang dagangan. Contoh transaksi-transaksi yang dicatat dalam sub menu spend money adalah
·         Pembayaran biaya-biaya operasional seperti biaya gaji, biaya listrik, biaya sewa, biaya asuransi dll
·         Pembayaran angsuran hutang jangka panjang seperti hutang bank, hutang obligasi, hutang hipotik, hutang wesel
·         Pembelian aktiva tetap secara tunai
·         Pembelian perlengkapan secara tuani dll
b.      Receive Money
Sub menu ini digunakan untuk mencatat transaski penerimaan kas selain dari transaski penjualan tunai barang dagangan maupun penerimaan piutang dagang. Contoh transaski –transaksi yang dicatat  dalam sub menu receive money adalah
·         Penerimaan pendapatan lain-lain seperti pendapatan bunga, pendapatan devident, pendapatan sewa
·         Penerimaan pinjaman bank, obligasi, hipotik
·         Penjualan Aktiva tetap
·         Penjualan investasi dalam saham (Stock Investment)
·         Penerimaan Piutang yang sudah dihapuskan
c.       Reconcile Account
Sub menu ini digunakan untuk membuat rekonsiliasi bank.
3.      Sales (Penjualan)
Menu ini digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang atau jasa baik tunai maupun kredit, untuk mencatat penerimaan piutang dagang, untuk mencatat retur penjualan dan juga untuk melihat tampilan jurnal yang sudah dibuat.
Sub menu sales yang sering digunakan untuk mencatat transaski yaitu :
a.       Enter Sales
Sub menu ini digunakan untuk membuka atau menampilkan faktur(invoice) yang digunakan untuk mencatat penjualan maupun retur penjualan baik tunai maupun kredit
b.      Receive Payment
Sub menu ini digunakan untuk mencatat penerimaan pelunasan piutang dagang
c.       Transaction Journal
Sub menu ini digunakan untuk melihat tampilan jurnal penjualan yang sudah pernah dibuat untuk rentang waktu tertentu
d.      Sales Register
Sub menu ini digunakan untuk menampilkan laporan penjualan untuk suatu periode tertentu, bisa berupa penjualan maupun retur penjualan
4.      PURCHASE (Pembelian)
Menu ini digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang baik tunai maupun kredit, untuk mencatat pembayaran utang dagang, untuk mencatat retur pembelian dan juga untuk melihat tampilan jurnal pembelian yang sudah dibuat.
Sub menu purchase yang sering digunakan untuk mencatat transaski yaitu :
a.    Enter Purchase
Sub menu ini digunakan untuk membuka atau menampilkan faktur(invoice) yang digunakan untuk mencatat pembelian maupun retur pembelian baik tunai maupun kredit
b.    Pay bill
Sub menu ini digunakan untuk mencatat pembayaran utang dagang
c.    Transaction Journal
Sub menu ini digunakan untuk melihat tampilan jurnal pembelian  yang sudah pernah dibuat untuk rentang waktu tertentu
d.   Purchase Register
Sub menu ini digunakan untuk menampilkan laporan pembelian untuk suatu periode tertentu, bisa berupa pembelian maupun retur pembelian
5.      INVENTORY (Persediaan)
Menu ini digunakan untuk mencatat persediaan atau stok barang, untuk memasukan persediaan awal barang dagangan, Mengubah atau menghapus item persediaan barang dagangan, dan juga untuk menetapkan harga jual barang dagangan.
Sub menu inventory yang sering digunakan untuk mencatat transaksi adalah :
a.       Items List
Sub menu ini digunakan untuk memasukan jenis barang atau jasa yang dijual, dan juga bisa digunakan untuk mengedit barang yang ada.
b.      Count Inventory
Sub menu ini digunakan untuk memasukan saldo awal barang dagangan dan juga bisa digunakan untuk menyesuaiakan kuantitas persediaan antara hasil perhitungan computer dibandingkan dengn hasil perhitungan fisik di gudang.
c.       Transaction Journal
Sub menu ini digunakan untuk melihat tampilan jurnal tentang persediaan  yang sudah pernah dibuat untuk rentang waktu tertentu
6.      CARD FILE
Menu ini digunakan untuk membuat data buku besar pembantu utang (Supplier List) maupun piutang (Customer List)

MENENTUKAN LINKED ACCOUNT
Membuat Set Up Link Account
Berguna untuk mengatur agar akun saling berhubungan. Ada 3 Set Up Link Account yaitu
a.       Account and Banking Account
b.      Sales Account
c.       Purchase Account
ACCOUNT and BANKING ACCOUNT
Caranya :
Klik Set Up-Linked Account-Account and banking Account
Kemudian isikan datanya pada tamplian berikut :

Ø Current Earning = Laba Periode berjalan
Untuk menampung selisih laba atau rugi
Ø Rentained Earning = Laba ditahan
Untuk menampung laba atau rugi pada tahun-tahun sebelumnnya yang tidak dibagi ke periode
Ø Historical Balancing = Saldo awal
Untuk menampung selisih saldo debit dan kredit pada saat pengisian saldo awal
Ø Undeposited Fund = Kas belum disetor
Untuk menampung penerimaan dari customer yang berbentuk giro belum jatuh tempo

SALES LINKED ACCOUNT
Caranya :
Klik Set Up-Linked Account-Sales Account
Kemudian isikan datanya seperti tampilan berikut
Ø Assets Account for Tracking Receivables  diisi ACCOUNT RECEIVABLE
Ø Bank Account For Customer Receipt Diisi CASH IN BANK
Ø Klik I Charge freight on sales
Income Account for Freight Diisi FREIGHT COLLECTED (jika di soal ada akun Freight Collected)
Ø Klik I track deposite collected from customer
Liability Account For Customer Deposit Diisi DIFFERED SALES (jika di soal ada uang muka penjualan)
Ø Klik I Give Discount for early payment
Expense or Cost of Sales Account for Discount Diii SALES DISCOUNT  (Jika di soal ada akun SALES DISCOUNT)
Ø Klik I assess charge for late payment
Income Account for late Charges diisi LATE FEES COLLECTED (jika di soal ada akun LATE FEES COLLECTED)

PURCHASE LINKED ACCOUNT
Caranya :
Klik Set Up-Linked Account-Purchase Account
Kemudian isikan datanya seperti pada tampilan berikut:
Ø Liability Account for Tracking Payable  diisi ACCOUNT PAYABLE
Ø Bank Account For Paying Bills Diisi CASH IN BANK
Ø Klik I pay freight on purchase
Expense or cost of sales account for freight  Diisi FREIGHT PAID
Ø Klik I track deposite paid to supplier
Assets Account For Supplier Deposit Diisi PREPAID PURCHASE (jika di soal ada uang muka pembelian)
Ø Klik I Take Discount for early payment
Expense or Cost of Sales Account for Discount Diii PURCHASE DISCOUNT  (Jika di soal ada akun PURCHASE DISCOUNT)
Ø Klik I pay charge for late payment
Expense Account for late Charges diisi LATE FEES PAID (jika di soal ada akun LATE FEES PAID)

MEMBUAT BUKU BESAR PEMBANTU PIUTANG (CUSTOMER LIST)
Cara membuat buku besar pembantu piutang atau daftar kartu pelanggan (Customer) yaitu:
1.      Pilih menu Card File (Ctrl + 6)
2.      Pilih dan klik icon Card List
3.      Pilih Customer, klik New
4.      Kemudian isi data customer meliputi NAME, CARD ID DAN ADDRESS seperti tampilan berikut ini
5.      Setelah diisikan datanya klik New untuk memasukan data customer berikutnya
6.       klik OK jika sudah selesai
MEMBUAT BUKU BESAR PEMBANTU UTANG (SUPPLIER LIST)
Cara membuat buku besar pembantu utang atau daftar kartu pemasok (Supplier) yaitu:
1.      Pilih menu Card File (Ctrl + 6)
2.      Pilih dan klik icon Card List
3.      Pilih Supplier, klik New
4.      Kemudian isi data supplier meliputi NAME, CARD ID DAN ADDRESS seperti tampilan berikut ini
5.      Setelah diisikan datanya klik New untuk memasukan data customer berikutnya
6.      klik OK jika sudah selesai
MEMBUAT SET UP KODE PAJAK (TARIF PPN)
Jika transaksi perusahaan terdapat PPN untuk pembelian maupun penjualan maka harus menentukan tariff pajak terlebih dahulu sebelum transaksi dicatat yaitu dengan cara :
1.      Pilih menu utama Lists kemudian pilih dan klik sub menu Tax Codes
2.      Klik baris kode pajak VAT kemudian klik edit
3.      Kemudian isikan data  seperti tampilan sebagai berikut

ZAHIR ACCOUNTING
Zahir Accounting adalah software akuntansi keuangan terbaik, penuh inovasi yang sangat berbeda dengan software akutansi lain. Zahir Accounting Software disebut “business management software. Berikut ini adalah modul-modul yang terdapat pada program Zahir Accounting.
Modul Data
Modul data digunakan untuk membuat data master di suatu data kerja di Zahir Accounting. Untuk menampilkannya klik Data-Data.
Beberapa fasilitas yang ada di modul Data-data:
Ø  Data Nama Alamat
Ø  Data Rekening
Ø  Data Produk
Ø  Satuan Pengukuran
Ø  Data Proyek
Ø  Data Harta Tetap
Ø  Data Pajak
Ø  Data Mata Uang

Modul Buku Besar
Modul Buku Besar digunakan untuk nelakukan transaksi jurnal umum, membuat daftar akun, dan membuka buku besar per akun. Untuk menampilkannya klik Buku Besar.
Beberapa fasilitas yang ada di modul Buku Besar:
Ø  Data Rekening Perkiraan
Ø  Transaksi Jurnal Umum
Ø  Buku Besar
Ø  Daftar Transaksi Jurnal

Modul Penjualan
Penjualan adalah transaksi dimana ada pengeluaran barang atau jasa untuk pelanggan. Transaksi ini digunakan oleh perusahaan sebagai pendapatannya, transaksi ini dapat dilakukan dengan tunai ataupun piutang. Piutang Usaha adalah transaksi untuk pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan atas penjualan yang telah terjadi sebelumnya. Untuk menampilkannya klik Penjualan.
Beberapa fasilitas yang ada di modul Penjualan:
Ø  Input Penjualan
Ø  Daftar Piutang Usaha
Ø  Pembayaran Piutang Usaha
Ø  Pengembalian Kelebihan (Kredit)

Modul Pembelian
Pembelian adalah transaksi dimana ada penerimaan barang atau jasa dari supplier/vendor, transaksi ini banyak digunakan oleh perusahaan. Transaksi pembelian dapat dilakukan dengan tunai ataupun hutang. Hutang Usaha adalah transaksi untuk melakukan pembayaran hutang usaha kepada supplier atau vendor tertentu atas transaksi pembelian sebelumnya. Untuk menampilkannya klik Pembelian.
Beberapa fasilitas yang ada di modul Pembelian:
Ø  Input Pembelian
Ø  Daftar Hutang Usaha
Ø  Pembayaran Hutang Usaha
Ø  Kembalian (Debet)
Modul Kas dan Bank
Kas dan Bank digunakan untuk transaksi yang berkaitan dengan rekening kas atau bank, seperti transfer antar rekening kas/bank, kas/bank masuk, kas/bank keluar. Untuk kas masuk dan kas keluar adalah transaksi di luar penginputan penerimaan pembayaran piutang maupun pengeluaran pembayaran hutang. Untuk menampilkannya klik Kas & Bank.
Beberapa fasilitas yang ada di modul Kas dan Bank:
Ø  Transfer Kas
Ø  Kas Masuk
Ø  Kas Keluar
Ø  Rekonsiliasi Bank

Modul Persediaan
Persediaan digunakan untuk mengelola persediaan sebagai aktiva perusahaan. Pada modul ini dapat dibuat data barang, barang keluar di luar penjualan, pembuatan proses produksi, stock opname. Untuk menampilkannya klik Persediaan.
Beberapa fasilitas yang ada di modul Persediaan:
Ø  Pemakaian/Penyesuaian Barang
Ø  Pemindahan Barang
Ø  Stock Opname
Ø  Perakitan
Proses persediaan juga berkaitan dengan penerimaan barang yang ada d modul pembelian dan
pengiriman barang yang ada di modul penjualan. Setiap ada penjualan yang akan menyebabkan
barang keluar, secara otomatis Zahir akan membentuk jurnal penyesuaian persediaan berdasarkan
metode yang digunakan.

Laporan
Modul laporan digunakan untuk melihat semua laporan hasil penginputan modul-modul sebelumnya.  Untuk menampilkannya klik Modul Laporan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MYOB & ZAHIR
Kelebihan Myob
Ø  Mudah dipahami karena disertai gambar dan ikon yang menunjukkan siklus akuntansi.
Ø  Didukung multi user dengan hak dan fungsi yang berbeda untuk setiap user.
Ø  Tersedia fasilitas edit formulir (faktur, bukti kas) sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan perusahaan.
Ø  Terintegrasi dengan Microsoft Office sehingga mudah digunakan dalam editing dan modifikasi data atau  laporan.
Ø  Fitur dan fungsi sangat lengkap, seperti reminder utang-piutang, surat tagihan, payroll bahkan mendukung fungsi Email sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
Ø  Cocok untuk segala jenis usaha baik skala kecil, multi departemen dan multi proyek.
Ø  Mudah dalam perawatan database dan backup data.
Ø  Petunjuk penggunaan banyak beredar di Indonesia hal ini karena software MYOB ini populer di Indonesia dan digunakan di banyak perusahaan dan juga diajarkan di Universitas dan juga di sekolah.

Kekurangan Myob
Ø  Data dapat dirubah tanpa diketahui, sehingga bias memicu adanya tindak korupsi dan sebagainya
Ø  Belum menyediakan bahasa Indonesia, sesuai dengan kebutuhan
Ø  Meski telah Multi user, tetapi tidak bisa digunakan secara bersamaan.
Ø  Belum mendukung multi currency (mata uang).
Ø  Belum mendukung multi gudang. Hal ini cukup mengganggu bila perusahaan yang menggunakan software ini memiliki lebih dari satu gudang.

Kelebihan Zahir
Ø  Mudah digunakan oleh non akuntan karena sudah disediakan formulir khusus untuk menginput semua transaksi umum dalam perusahaan seperti transaksi keluar atau masuk kas, pembelian, penjualan, piutang dan sebagainya.
Ø  Desain user interface (tampilan)  menarik dan mudah dipahami karena struktur menu dan icon berupa gambar yang sederhana dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Faktur dan laporan dapat didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan serta disertakan berbagai variabel data dan fungsi matematika yang dapat digunakan langsung.
Ø  Laporan dapat dikirim via email dan diexport ke berbagai format. Mengirim laporan menggunakan email sangan mudah, cukup membuka laporan yang diinginkan kemudian klik tombol Send Email. Zahir Accounting juga dapat mengexport data dengan tampilan yang sama persis dengan tampilan pada Zahir Accounting.
Ø  Menggunakan database client server sehingga menjadi lebih handal untuk menangani data besar, volume transaksi yang sangat tinggi dan tingkat keamanan data sangat tinggi.
Ø  Fasilitas dan kapasitas dapat dipilih sesuai kebutuhan sehingga kita cukup membeli paket yang paling murah kemudian memesan fasilitas tambahan sesuai dengan kebutuhan.
Ø  Berbagai grafik dan analisa bisnis interaktif yang tersedia dalam satu layar dan setiap grafik dapat diklik untuk dianalisis.
Ø  Laporan dapat diklik untuk melihat detail transaksi (audit atau drill down) pada neraca atau laporan laba-rugi akan menampilkan buku besar per rekening. Jika mengklik nomor transaksi maka transaksi asli akan terbuka kembali. Jika mengklik kanan  mouse pada laporan keuangan akan menampilkan jurnal double entry
Ø  Seluruh transaksi dapat diedit dan dihapus.
Ø  Memudahkan dalam pengambil keputusan bisnis karena dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan seperti analisis rasio, break even point analysis, berbagai grafik serta laporan interaktif yang menarik dan terintegrasi.
Ø  Memiliki berbagai opsi fasilitas advace seperti:
·         Multi currency, multi price, multi discount.
·         Serial number.
·         Lot number dan expire date.
·         Giro mundur.
·         Sinkronisasi data antar cabang melalui internet dial-up. Hal ini belum dimiliki oleh keempat software di atas. Hal ini mempermudah dalam hal pengendalian perusahaan karena bersifat real time.
·         Predictive input (menginput transaksi berulang kali secara otomatis).
Kelemahan:
Ø  Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh dan biaya lain dalam akuntansi biaya.
Ø  Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia fasilitas harga tetap, proyek dan departemen.
Ø  Zahir Accounting edisi pendidikan belum mendukung pengeditan (unposting) transaksi penjualan dan pembelian.
Ø  Tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos.
Ø  Zahir Pos kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.


PERTIMBANGAN PENGGUNAAN MYOB DAN ZAHIR
Dalam hal ini saya lebih mengunggulkan zahir di bandingkan menggunakan myob dengan melihat beberapa aspek berikut :
Transaksi Realtime Full Otomatis
Untuk menginput transaksi Anda tidak dituntut memiliki keahlian dalam membuat jurnal akuntansi. Seluruh data terkait otomatis di update, seperti piutang/hutang usaha, persediaan,  sehingga tidak ada prosedur yang harus dilakukan selain menginput transaksi.
Cukup input transaksi semudah mengisi nota penjualan, seluruh laporan, analisa dan grafik otomatis dihasilkan
Grafik Interaktif & Analisa Keuangan Terpadu
Fasilitas yang memudahkan Anda mengetahui kondisi perusahaan dalam sekilas. Proyeksi kas, grafik neraca, penjualan, laba rugi, break even analysis dan berbagai rasio-rasio yang memberikan pemahaman menyeluruh tentang kondisi perusahaan, ini akan memudahkan pengambilan keputusan.
Modul Inventory yang Lengkap
Modul persediaan yang lengkap dengan fasilitas pengelompokkan jenis barang, group barang, penghitungan harga pokok penjualan otomatis dengan metode FIFO, LIFO dan Average. Fasilitas Stock Opname, Assembling, Deassembling dan penentuan harga jual otomatis. Seluruh transaksi yang terkait dengan persediaan akan otomatis mengupdate jumlah stock barang (perpetual basis), sehingga laba rugi perbulan langsung tersedia (HPP otomatis telah tersedia).
Kalender Informasi Piutang / Hutang / Giro Jatuh Tempo
Dengan fasilitas ini, Anda tidak perlu lagi mengingat kapan suatu giro akan cair atau hutang usaha Anda jatuh tempo, fasilitas ini juga akan berfungsi sebagai agenda kerja.
Harta Tetap
Fasilitas ini mengelola harta tetap yang dimiliki perusahaan, menghitung penyusutan dengan berbagai metode penyusutan dan membuat jurnal penyusutan otomatis setiap akhir bulan.
Multi Gudang / Muti Satuan
Pencatatan stock barang dapat dilakukan per gudang/per lokasi dan dapat mencatat transaksi pindah ke gudang, dst. Sedangkan Multi Satuan digunakan mencatat transaksi dengan berbagai satuan yang berbeda, misalkan dibeli dengan satuan box, dijual dalam lusin. Software otomatis melakukan konversi sesuai dengan formula yang ditetapkan.
Multi Currency
Anda dapat menentukan mata uang apa yang akan digunakan dalam suatu transaksi penjualan/ pembelian dan berapa nilai tukar mata uang untuk transaksi tersebut. Setiap akhir bulan program secara otomatis membuat jurnal penyesuaian atas perubahan nilai tukar mata uang asing, sehingga dapat diperoleh laba/rugi akibat selisih nilai tukar.
Auto Purchase Order
Software dapat secara otomatis membuat purchase order untuk barang-barang yang berada dibawah minimum level, dengan jumlah pesanan sesuai dengan proyeksi penjualan yang juga otomatis dihitung berdasarkan histori pemakaian/penjualan barang.
Serial Number
Program dapat mencatat nomor seri setiap barang yang dibeli atau dijual, sehingga memudahkan pelacakan apabila terdapat retur barang. Fasilitas ini sangat berguna, bagi pedagang handphone, komputer dan alat-alat elektronik.
Lot Number
Fasilitas ini digunakan untuk melacak expire date dari suatu barang, biasanya dipakai pada bahan makanan dan obat-obatan.
Rekonsiliasi Bank
Lakukan pencocokan antara laporan rekening yang dikirimkan oleh bank Anda dengan pencatatan di Zahir Accounting, Anda dapat membuat penyesuaian yang diperlukan dan membuat laporan rekonsiliasi dengan mudah dan cepat.
Proyek dan Departement Costing
Setiap transaksi dapat dikaitkan dengan sebuah Proyek atau Departement, sehingga dapat dilakukan analisa secara detail antara anggaran dan realisasi, laba rugi dan aktifitas sebuah proyek (multi fase project costing).
Berbagai Laporan Tersedia
Lebih dari 250 laporan keuangan, penjualan, pembelian, analisa barang, dan berbagai laporan lainnya telah tersedia, dengan berbagai format yang menarik dan dapat dicustomize (didesain ulang) sesuai dengan kebutuhan.
Audit Trail
Fasilitas drill down untuk melihat detail transaksi disaat menampilkan laporan, misalkan pada laporan Neraca, klik pada rekening piutang, maka otomatis ditampilkan laporan buku besar piutang, selanjutnya klik nomor transaksi, maka progam akan membuka transaksi sebenarnya. Fasilitas ini sangat berguna untuk mengaudit laporan keuangan.
Seluruh Laporan Dapat di-Export
            Seluruh Laporan dapat diexpor kedalam format excel, ms word, PDF, html, dll. bahkan dapat langsung dikirim via email, fasilitas email ini terintegrasi dengan software, cukup dengan klik satu tombol.
Sinkronisasi Data Antar Cabang
Kemampuan software untuk menyamakan data yang tersebar dilokasi berbeda menggunakan jaringan internet Dial-Up sederhana. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang dilokasi yang tersebar, dimana secara otomatis program dapat mengimpor seluruh data cabang ke kantor pusat dengan cepat, sehingga kontrol pusat ke cabang akan jauh lebih baik.
Faktur / Voucher Transaksi dapat Didesain dan Dicetak
Transaksi dapat dicetak dalam bentuk faktur yang menarik. Anda dapat mendesain sendiri dan menyesuaikan faktur agar sesuai kebutuhan.
Database Client Server
Menggunakan database client server yang handal, memiliki kemampuan membatalkan transaksi yang sedang diposting bila terjadi masalah komputer, seperti lampu mati, jaringan terputus, dll. Menggunakan Firebird, database free open sources yang paling populer dan berkemampuan tinggi.
Purna Jual Terjamin
Dengan pengalaman selama lebih dari 6 tahun yang didukung tenaga pelatihan dan support yang profesional, kami siap membantu semua kesulitan dan masalah yang terjadi. Untuk memperoleh jaminan yang lebih pasti, tersedia program, pelatihan dan maintenance kontrak dengan harga terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar